About life on and off screen

Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life.

The September Issue: Cool Documentary

15 Comments

poster sept issue

Fashion is a religion. This is the bible.

Anda semua pernah nonton The Devil Wears Prada yang fenomenal itu kan? Nah, waktu nonton trailer The September Issue, sebuah film dokumenter yang membedah dapurnya majalah Vogue, medadak saya merasa melihat ‘the real Amanda Priestley’ sang boss yang keji itu!!

Sosok Amanda yang diperankan dengan bagus banget oleh Meryl Streep, benar-benar mirip dengan pembawaan dan karakter Anna Wintour, editor in chief majalah fahion kenamaan yang direkam kegiatannya di kantor pusat Vogue di New York itu. Film ini mengisahkan bagaimana sebuah majalah Vogue edisi September disiapkan. Suka dukanya, perdebatan sengitnya, hingga foto sessionnya yang berlokasi di kota-kota pusat mode dunia. Tentu pemandangan indah sudut-sudut kota Paris, London, Roma menjadi bonus pemanis di film ini.

Lalu kenapa sang sutradara, R.J Cutler, memfilmkan persiapan edisi September? Because September is the ‘January’ in fashion, demikian mengutip salah satu wawancara di film ini.

Lucunya, saya sudah mendengar kalimat yang persis sama diucapkan dengan gaya banci super bitchy oleh karakter Marc St James di serial Ugly Betty. Sama-sama dengan setting kantor majalah mode paling terkemuka di New York, maka sulit untuk tidak membandingkan film dokumenter ini dengan serial yang saya gemari itu. Padahal, tentunya perbandingan ini sia-sia, bak membandingkan apel dengan bengkuang.

Namun dari membandingkan itulah, saya seolah membuktikan bahwa di Amerika film seri televisi pun diriset dengan baik oleh pembuatnya. Mulai dari ceritanya, setting kantornya, gesekan antara editor in chief dengan creative director, hingga kegiatan redaksi di majalah Mode versi Ugly Betty tidak meleset dari keseharian dan kerepotan redaksi Vogue yang difilmkan ini.

Can you guess which one is Anne Wintour?

Can you guess which one is Anne Wintour?

Tentunya karakter-karakter di Ugle Betty dibuat comical dan ekstrim, biar seru. Padahal Anna Wintour meskipun tampak seperti sosok yang dingin, pelit senyum, perfeksionis dan banyak menuntut, dalam berbusana justru boleh dibilang sangat simpel. Dalam proses shooting dokumenter yang berbulan-bulan itu, terlihat Anna selalu memakai rok terusan sederhana, dengan potongan A-line atau pricess cut, dan seuntai kalung pendek yang tampak seperti semi precious gem. Sama sekali bertolak belakang dengan baju-baju gemerlap dan bombastis yang dia tampilkan di majalahnya.

Overall, film dokumenter yang taglinenya nampol banget ini adalah tontonan menarik dan sinematografinya sangat ciamik. Nggak heran dapat penghargaan Best Cinematography di Sundance film festival dan dinominasikan untuk Grand Jury Prize juga di Sundance. Kalau sineas kita ada yang bikin dokumenter rahasia dapurnya Cosmopolitan Indonesia atau Femina, kira-kira jadinya seperti apa ya?

Author: Swastika Nohara

A woman who enjoys life… Life is the coffee, while jobs, money and position in society are the cups. They are just tools to hold and contain life, and do not change the quality of life. Sometimes, by concentrating only on the cup, we fail to enjoy the coffee provided…. So, don’t let the cups drive you, enjoy the coffee instead! Err… in less philosophical words, I’m a freelance script writer both for fiction and documentary, content writer, fixer and translator. With a team, I also do video presentation and corporate profile filming. Based in Jakarta but eager to travel anywhere on earth.

15 thoughts on “The September Issue: Cool Documentary

  1. [..bak membandingkan apel dengan bengkuang.]
    saya suka pengibaratan dua buah itu, walau saya lebih suka bengkuang *lospokus*

    dan paragraf akhir ini :
    [..Kalau sineas kita ada yang bikin dokumenter rahasia dapurnya Cosmopolitan Indonesia atau Femina, kira-kira jadinya seperti apa ya?]
    saya menunggu karya sampeyan, uni
    sungguh ! :D

  2. akuh bisa nonton di mana film ini? berburu dvd bajakan? :|

  3. jadi pengen nonton, pengen liat proses kreatif di dapurnya majalah besar itu.
    oiya ini termasuk dokumenter yang menghibur juga atau yang serius aja, menurut mbak tika? :D

  4. selalu membayangkan, apakah dalam real-nya kehidupan kantor majalah fashion itu beneran kaya gitu ya? misalnya apa yang dikenakan selalu branded :D
    soalnya selalu dapat gambaran yang kaya begitu terus, mau di buku, mau di film :mrgreen:

    • hahaha… ada temenku yg kerja di majalah fashion di Jakarta, mmg mereka sering dapet semacam sample, gratisan, dr berbagai brand. tapi ya gak tiap hari pakaiannya branded sih…

  5. wuih menarik bgt ni ceritanya…

  6. “Kalau sineas kita ada yang bikin dokumenter rahasia dapurnya Cosmopolitan Indonesia atau Femina, kira-kira jadinya seperti apa ya?”

    ga perlu dibikin pun, saya tau jawaban dari pertanyaan ini. secara, dulu saya sempat kerja di grup salah satu media seperti ituh.. :D

  7. [Kalau sineas kita ada yang bikin dokumenter rahasia dapurnya Cosmopolitan Indonesia atau Femina, kira-kira jadinya seperti apa ya?]

    ayo mba bikiiiiinnnn….

    Ah ya.. film ini film wajib tonton nya para pecinta fesyen…. :3

    [Because September is the ‘January’ in fashion, demikian mengutip salah satu wawancara di film ini.]

    Kenapa? karena di September lah trend Spring/Summer tahun berikutnya dimulai…. dan kurang lebih di bulan Maret buat Fall/Winter nya…

    gak tau ya di indonesia juga ada “September Issue” atau gak….

  8. brb nyari filmnya..makasih mba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,447 other followers